MELATIH SELF AWARENESS = MELATIH SELF DEVELOPMENT

 

Penulis : Ghea Rae Sabrina 

Memiliki self-awareness yang baik berarti seseorang akan mampu menyadari dirinya kekuatannya potensinya memahami emosinya sendiri. Di sisi lain orang yang kurang dalam self-awareness cenderung merasa mencela diri sendiri dan akan lebih sulit untuk memahami diri sendiri. Kita juga akan merasa tidak percaya diri dan akan merasa selalu ada yang kurang dalam diri sendiri.
        Apa kaitannya self-awareness dan self-development? Dengan memiliki self-awareness yang tinggi kita dapat mencapai potensi sendiri karena self-development mengimplementasikan individu untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Seorang individu dapat berkembang menjadi lebih baik lagi jika seorang individu itu dapat menyadari faktor internal yang ada pada dirinya sendiri.
        Self-development adalah tanggung jawab masing - masing personal, itu artinya diri kita sendiri yang seharusnya memiliki kemauan dan tekad untuk berkembang demi mengembangkan kualitas diri. Tidak peduli dirimu siapa, berapa usiamu, dan bagaimanapun keadaan dirimu saat ini, nah persona development inilah harus tetap kita lakukan sepanjang hidup. Mengapa begitu? Karena kita perlu terus belajar untuk meningkatkan kemampuan diri agar tidak tertinggal dengan kemajuan zaman yang harus kita alami. Karena semakin berkembang ilmu pengetahuan juga teknologi, akan banyak terjadi perubahan pula yang menuntut diri kita secara tidak langsung untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.
Apa saja yang bisa lakukan untuk self-awareness dan self-development? Langkah yang bisa kita lakukan menjadi tiga tingkatan, yaitu :

Tingkat pertama  : Berpikir 
1. Berjalan kaki 
Waktu yang baik adalah berjalan. Saat berjalan kita bisa benar - benar melatih kemampuan indera diri kita. Kita berjalan sambil mendengarkan musik. 
2. Berjalan kaki dengan teman
Luangkan waktu dengan teman, cara ini dapat melancarkan obrolan kita dengan teman loh. Kita juga bisa terbuka dengan lebih mudah.
3. Membaca buku yang baik
Jika memang belum terbiasa untuk membaca buku, kita bisa memulai dengan membaca buku meskipun hanya satu halaman saja setiap harinya mengenai topik tertentu. 
4. Tanyakan mengapa 3 kali 
Mulailah dengan menanyakan mengapa, “mengapa aku setiap hari terlambat? karena aku bangun kesiangan.” Lalu “mengapa aku bangun kesiangan? karena aku terlalu larut tidur.” Lalu, “mengapa aku tidur terlalu larut? Karena aku terlalu sering main ponsel terlalu lama saat sebelum tidur."

Tingkat kedua : Menyuarakan 
1. Rajin menulis jurnal mengenai kehidupanmu sehari - hari 
Dengan menuliskan kehidupanmu setiap harinya, kita dapat belajar mengenai hal - hal tertentu yang menjadi pengalaman hidup kita. 
2. Merefleksikan keadaan saat ini
Merefleksikan keadaan diri kita saat ini, kepercayaan pada saat ini, dan juga mengetahui konsekuensinya yang akan terjadi.
3. Menuliskan surat penyesalan 
Tuliskan hal - hal yang membuat kita menyesal, mengapa tidak mengambil kesempatan yang ada di hadapan kita. Bukan untuk menyalahkan diri sendiri namun ditambahkan alasan apa yang diambil untuk tidak mengambil kesempatan itu. Hal ini akan mendorong kita untuk mengetahui langkah apa selanjutnya.  

Tingkat ketiga : Mengimplemantasi 
1, Jalankan analisis umpan balik secara rutin 
Tuliskan ekspektasi terhadap pekerjaan yang sedang kita lakukan sekarang. Lalu buka catatan tersebut pada 9 - 12 bulan selanjutnya dan dibandingkan dengan keadaan saat itu.
2. Tuliskan tugas terpenting dirimu setiap malam 
Sebelum hendak tidur, cobalah untuk biasa menulis tugas penting yang harus kita lakukan esok harinya. 
3. Latihan respon pause and plan 
Ketika berada situasi yang menurut kita berat, coba pause diri untuk mengobservasi situasi saat itu.
4. Meminta maaf 
Memberanikan diri untuk meminta maaf. Dengan melakukan ini, kamu mampu untuk merefleksikan kesalahan diri dan melakukan hal lebih baik dari sebelumnya.
           Mulailah fokus pada diri sendiri dengan mencoba tiga tingkatan di atas. Jika merasa kurang terus lakukan perbaikan, hal yang paling penting adalah kita tidak pernah menyerah. 

SUMBER REFERENSI

Sevaspace. (2017, Juli 19) 27 Cara Meningkatkan Kesadaran Diri. Retrieved from : https://medium.com/@sevaspace/27-cara-meningkatkan-kesadaran-diri-51d6adf7954b

Punto, W. (2021, Januari 15) 5 Hal Utama Untuk Membangun Self-Development. Retrieved from : https://www.qubisa.com/article/5-hal-utama-untuk-membangun-self-development#showContent 

Comments

Post a Comment