Bedanya kebutuhan emosi pria dan wanita

Penulis : Ghea Rae Sabrina 

Seringkali komunikasi menjadi masalah dalam suatu hubungan pria dan wanita. Saat wanita sering merasa tidak dimengerti oleh pria, di sisi lain pria menganggap wanita itu rumit dan sulit ditebak.dan juga pada saat pria merasa sering tidak dihargai oleh wanita, sementara  wanita merasa ego pria telalu tinggi sehingga mudah marah dan tersinggung. 

Masalah komunikasi diantara pria dan wanita ini penyebabnya adalah berasumsi kalau pria dan wanita memiliki kebutuhan emosional yang sama. Akibatnya perlakuan yang bermodalkan kasih sayang ini disalahpahami oleh pasangan. 

Tenryata pria dan wanita memiliki kebutuhan 6 emosional yang berbeda. Kebutuhan emosional ini saling berpasangan dan saling memengaruhi. seperti halnya siklus, begitu juga dengan kebutuhan emosional dari dasar pria terpenuhi, ia akan terdorong untuk memenuhi kebutuhan dasar pasangannya. Begitu juga saat kebutuhan dasar wanita terpenuhi, secara alamiah wanita akan memenuhi kebuthan dasar emosional pria.

Hal ini juga yang dapat terjadi saat kebutuhan dasar emosional pria tidak terpenuhi oleh sang wanita, pria akan merasa lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan dasar wanita. Ini menjadi siklus dengan hasil akhirnya komunikasi pria dan wanita yang akan saling menjatuhkan. 

Maka dari itu kita harus memahami 6 perbedaan kebutuhan emosional pria dan wanita, hal ini akan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas hubungan pria dan wanita. 

  1. Wanita butuh perhatian, pria butuh dipercaya

Saat seorang pria mengungkapkan ketertarikan pada perasaan wanita, sang wanita merasa dicintai dan diperhatikan. Ketertarikan ini memenuhi kebutuhan dasar pertama wanita yaitu, perhatian.

Ketika wanita merasa diperhatikan, secara alamiah wanita akan lebih mempercayai pria. Secara otomatis kebutuhan emosional dasar pertama pria terpenuhi yaitu, kepercayaan.

Wanita bisa dikatakan benar-benar percaya pada pria ketika ia percaya kalau pria melakukan yang terbaik dan menginginkan yang terbaik untuk wanita. Ketika wanita mengungkapkan rasa percaya pada sang pria dan juga pada niatan sang pria, kebutuhan emosional dasar sang pria terpenuhi. Semakin seorang pria merasa dipercaya, ia akan jauh lebih memperhatikan kebutuhan wanita.

  1. Wanita butuh dimengerti, pria buruh penerimaan 

Saat pria mendengarkan wanita dengan penuh empati dan tidak menawarkan solusi, wanita merasa didengarkan dan dimengerti. Semakin kebutuhan dasar wanita untuk didengarkan dan dimengerti dipenuhi oleh pria, sang wanita akan lebih mudah memberikan penerimaan yang pria butuhkan.

Ketika wanita tidak berusaha untuk mengubah pasangannya, pria merasa diterima. Ini bukan berarti wanita harus merasa pasangannya itu sempurna apa adanya. Menerima ini artinya percaya kalau pria mau dan mampu memperbaiki kekurangannya sendiri.

Ketika seorang pria merasa diterima, lebih mudah baginya untuk mendengarkan dan mencoba memahami kebutuhan wanita.

  1. Wanita butuh dihormati, pria butuh dihargai (diapresiasi) 

Seorang wanita merasa dihormati ketika pria menanggapi wanita dengan mengutamakan haknya, harapannya, kebutuhannya. Wanita akan lebih merasa dihormati ketika sikap dan perilau pria memperhitungkan pemikiran dan perasaannya.

Seorang pria bisa memenuhi kebutuhan wanita untuk dihormati dengan mendukungnya, mendengarkannya, membelikannya bunga, memberi kartu ucapan, dan mengingat tanggal-tanggal  penting (misalnya ulang tahunnya, ulang tahun pernikahan). Ketika wanita merasa dihormati, ia akan lebih mudah menghargai dan mengapresiasi pria.

Layaknya pria yang harus konsisten melakukan hal-hal kecil untuk pasangannya, wanita harus mengapresiasi hal-hal kecil yang pria lakukan. Hal utama yang membuat pria merasa terapresiasi adalah  sang wanita memberi tahu sang pria kalau ia merasa bahagia. Sekadar senyum atau ucapan terima kasih akan membuat pria merasa diapresiasi dan dihargai.

Pria butuh diapresiasi agar semangat untuk terus memberi. Apresiasi secara rutin membantu pria untuk sadar kalau ia sebenarnya sudah berhasil walau sang wanita sedang merasa kelelahan. Apresiasi mendorong pria untuk terus berusaha membuat wanita bahagia dan juga meringankan beban pasangannya ini.

Ingatlah kalau menghormati dan menghargai ini saling memengaruhi. Semakin kamu mengekspresikan penghormatan dan apresiasi, pasanganmu akan merasa lebih nyaman memenuhi kebutuhan emosional dasarmu.

Mungkin saat ini kamu merasa kurang dihormati atau kurang dihargai. Sebagian orang merasa kalau tidak mendapatkan cukup rasa cinta, lebih baik abaikan saja daripada memintanya. Tingginya ego membuatnya enggan meminta.

Kemampuan meminta rasa hormat dan rasa cinta adalah satu skill yang perlu diasah untuk mengatasi kesalahpahaman ini.

  1. Wanita butuh kesetiaan, pria butuh dikagumi

Ketika pria mengutamakan perasaan dan kebutuhan wanita daripada dirinya sendiri, kebutuhan dasar keempat wanita yakni kesetiaan, terpenuhi. Jiwa wanita menjadi lebih hidup sat ia merasa spesial dan dikagumi.

Saat wanita merasa bahwa dirinya adalah prioritas utama suaminya, akan lebih mudah bagi wanita untuk mengagumi sang suami.

Cara mengagumi pria yang tepat adalah dengan menunjukkan rasa takjub, senang, dan bahagia. pria merasakan kekaguman wanita saat sang wanita menyukai selera humornya, kekuatannya, integritasnya, rasa mengertinya, dan rasa cintanya.

Saat pria merasa dikagumi, ia mendapat rasa aman untuk menunjukkan kesetian.

  1. Wanita butuh validasi, pria butuh disetujui 

Pria cukup hanya mendengarkan dan menerima perasaan wanita (bukan menolaknya, misalnya mencoba meyakinkan wanita untuk tidak marah saat sedang kesal). Dengan cara ini, wanita merasa dicintai oleh sang pria.

Pria memvalidasi perasaannya dan memenuhi “hak  wanita” untuk merasakan emosi yang sedang dialami. Saat pria memvalidasi wanita secara terus-menerus, wanita akan memberikan lebih banyak ungkapan persetujuan yang pria butuhkan.

Kuncinya adalah pria harus mengingat bahwa pria tak harus menyetujui pendapat wanita untuk memvalidasi perasaannya.

Setiap lelaki ingin menjadi pahlawan bagi wanita yang ia cintai. Ketika pria menyadari bahwa ia bisa memenuhi kebutuhan istrinya, saat itulah pria merasa disetujui.

Penting untuk dicatat bahwa penting bagi wanita untuk menunjukkan sikap menyetujui. Wanita masih bisa menunjukkan sikap menyetujui walau ia sebenarnya tidak sepakat dengan pendapat sang pria.

  1. Wanita butuh diyakinkan, pria butuh rasa percaya

Pria salah memahami hal yang satu ini. Pria menganggap begitu ia bisa sekali saja membuat wanita bahagia, sang wanita akan terus merasa dicintai selamanya.

Padahal kebanyakan wanita tidak merasa seperti ini. Pria harus terus-menerus menunjukkan bahwa ia peduli, mengerti, menghormati, memvalidasi, dan setia pada sang wanita. Hanya dengan cara inilah, sang wanita merasa diyakinkan.

Sementara itu berbeda bagi pria. Lelaki butuh merasa dipercaya. Ketika wanita menunjukkan rasa percaya pada kemampuan dan karakter sang pria, si lelaki akan merasa disemangati.

Rasa percaya membuat pria bisa melakukan apa pun (untuk membahagiakan sang wanita). Ketika merasa dipercaya, pria termotivasi untuk memberikan keyakinan bahwa ia akan selalu mencintai sang wanita.


Dengan memahami perbedaan setiap kebutuhan emosional pria dan wanita ini dapat memperbaiki komunikasi yang mungkin seringkali membuat salahpaham loh. Yuk kita coba dengan pasangan. 


SUMBER REFERENSI 

Perbedaan Laki-Laki dan Perempuan Dalam Berbagai Hal yang Perlu Anda Ketahui. Retrieved from  : https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2020/07/perbedaan-laki-laki-dan-perempuan-dalam-berbagai-hal-yang-perlu-anda-ketahui


Rizki pratiwi. (maret 2) Ini Perbedaan Cara Berpikir Perempuan dan Laki-Laki. Retrieved from : https://hellosehat.com/mental/hubungan-harmonis/perbedaan-cara-berpikir-perempuan-dan-laki-laki/


Comments