Love for The People NEED HELP!

 

NEED HELP! Atau butuh bantuan merupakan kata yang pasti dimiliki semua orang dan akan diutarakan cepat atau lambat. Setiap orang pasti akan mengalami periode stres, kesedihan, dan menghadapi konflik dalam hidup. Seseorang yang mengalami tekanan masalah karena kesulitan mencari solusi pasti akan merasa tertekan dan khawatir. Jika hal tersebut terjadi secara berkepanjangan dan dibiarkan saja, maka stres dan kesedihan bisa berujung pada gangguan mental. Itulah mengapa seseorang yang membutuhkan bantuan atau mengalami kondisi NEED HELP! Perlu untuk segera ditolong!


Dibutuhkan bantuan profesional, atau dalam hal ini seorang psikolog, dalam mengatasi berbagai masalah dalam hidup. Kehadiran psikolog diperlukan agar Anda dapat mengatasi masalah dengan cepat tanpa harus terlarut dalam kesedihan. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikannya dan merasa malu untuk meminta bantuan Psikolog. Mereka beranggapan meminta bantuan Psikolog hanya untuk orang-orang yang terganggu jiwanya atau yang lemah mentalnya. Padahal, meminta bantuan profesional seperti psikolog, psikiater dan mental health care bukanlah hal yang perlu kita malu atau membuat diri minder.


Psikolog dibutuhkan oleh siapa pun yang ingin menyelesaikan masalahnya atau mengalami kondisi NEED HELP! Ada beberapa tanda yang jadi indikator bahwa sudah waktunya bagi Anda untuk mempertimbangkan berkonsultasi dengan psikolog. Melaui artikel kali ini, kita akan lebih memahami apa sih itu kondisi NEED HELP! lalu bagaimana tanda-tandanya dan cara menolong mereka.


  1. Alasan Seseorang NEED HELP!

  1. Setiap orang membutuhkan keberadaan dan bantuan orang lain.

Pada dasarnya manusia dikenal sebagai makhluk sosial, yang artinya kita tidak bisa hidup tanpa kehadiran dan bantuan orang lain. Pada akhirnya, setiap orang pasti akan membutuhkan orang lain baik sebagai pendamping hidup, teman, saudara untuk saling membantu dan berkomunikasi.

  1. Semua orang pasti akan menghadapi masalah dalam hidup.

Bukan hal yang bisa dipungkiri bahwa semua manusia memiliki masalah mereka masing-masing. Ada masalah yang bisa kita atasi tanpa bantuan pihak profesional, namun ada juga masalah yang berada di luar kemampuan kita sehingga membutuhkan bantuan ahli atau profesional.

  1. Setiap orang menginginkan kedamaian 

Perasaan adalah hal mutlak yang ingin dirasakan semua orang. Untuk itulah, orang yang mengalami kesulitan hidup ada kalanya akan mengalami NEED HELP!

  1. Semua orang membutuhkan solusi dalam hidup

Masalah yang tidak kunjung selesai akan memuji berbagai masalah baru dan akhirnya mengganggu mental dan kesehatan Anda. Kondisi itulah disebut NEED HELP! dan dibutuhkan bantuan pihak profesional untuk mendapatkan solusi.


  1. Ciri-ciri Seseorang Mengalami NEED HELP!

  1. merasa tidak bahagia, sedih, atau mudah tersinggung hampir sepanjang waktu 

  2. merasa khawatir,cemas, gugup, atau kewalahan hampir sepanjang waktu 

  3. memiliki pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain 

  4. melakukan penyalahgunaan zat atau kecanduan 

  5. mengalami peristiwa traumatik

  6. merasa sulit berkomunikasi secara efektif dengan orang lain


  1. Pentingnya Menolong Orang yang NEED HELP!

  1. Menciptakan Persaudaraan dan Persatuan

Saling tolong menolong antar sesama dapat menumbuhkan rasa persaudaraan, karena kita akan merasa saling membutuhkan satu sama lain. Selain itu, tolong-menolong juga dapat menciptakan persatuan, meskipun beda agama, suku dan ras.

  1. Menularkan kebaikan

Sikap saling tolong menolong dapat menumbuhkan kebaikan antar sesama. Dengan tolong-menolong, kita akan merasa saling membutuhkan, sehingga kita sama-sama akan melakukan kebaikan bersama.

  1. Meningkatkan kepedulian sosial

Ketika kita senang membantu orang lain, maka akan meningkatkan rasa kepedulian dan kepekaan terhadap orang yang membutuhkan bantuan.

  1. Bukti kasih dan persaudaraan

Dengan membantu orang lain, kita berhasil menjadi contoh teladan saling mengasihi dan mempererat tali persaudaraan. Kita juga akan merasa lebih bersyukur karena akhirnya memahami bahwa masih ada banyak orang lain yang mengalami kondisi lebih sulit dibandingkan yang kita alami.


  1. Cara Menolong Orang yang NEED HELP!

  1. Menjadi pendengar yang baik

Menyediakan waktu untuk mendengarkan dengan tulus. Daripada men-judge, lebih baik kalian memberikan pelukan atau sekadar temani dia dan menjadi pendengar yang baik. Buatlah situasi senyaman mungkin supaya mereka ingin berbagi denganmu dan berikan juga semangat.

  1. Menjaga komunikasi yang baik

Membangun koneksi yang baik dengan menjadi teman yang suportif dan terus memberi dorongan positif. Menjaga komunikasi yang sehat akan memberikan perasaan nyaman, perhatian dan memiliki pada si penderita. Komunikasi yang baik juga akan membantu penderita lebih terbuka sehingga Anda bisa lebih memahami dan menolongnya.

  1. Mengajaknya berkonsultasi ke psikolog, psikiater, atau mental health care

Jika kamu sudah mencoba menyembuhkannya sendiri dan belum berhasil. Pergilah ke psikolog atau psikiater. Jangan malu untuk cari bantuan dan memilih untuk datang ke dokter adalah pilihan paling tepat karena banyak penderita penyakit mental di luar sana diperlakukan tidak semestinya, seperti dipasung.


Bantuan sekecil apapun yang dapat diberikan kepada orang lain bisa jadi sangat berharga untuk orang tersebut. Bantuan yang diberikan tidak hanya berupa harta saja, tetapi juga bisa berupa tenaga dan pikiran yang sesuai dengan kemampuan.

Yayasan Love Yourself Indonesia mengadakan Acara Talkshow yang bertema “I NEED HELP”, agar lebih paham lagi acaranya, yuk langsung hadir dan daftarkan diri sekarang!


Narasumber : Benny Prawira Siauw (Founder Into The Light) & Andi Lolo

🗓 Hari/Tanggal : Sabtu, 25 September 2021 

🕔 Pukul : 19.00 - 21.00 WIB

💸 HTM : Rp. 50.000,-


Benefit :

e-Certificate

Soft File Materi

Free Konseling

Doorprize


🔗 Link Pendaftaran : bit.ly/talkshowineedhelp 


Contact Person

Hellen: 081313210655

Rena: 082284072273


“Selain itu, Yayasan Cintai Diri Indonesia juga menyediakan layanan konseling dengan Psikolog atau peer counselor. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik link berikut ini:

taplink.cc/loveyourself_indonesia"


Referensi :




Comments

Artikel