Hidup Bahagia dengan Befriending Ourselves with Gratefulness

 

Terkadang di saat kita telah mencapai segala sesuatu yang kita inginkan, kita sering lupa untuk bersyukur. Kita lupa dengan sesuatu yang harusnya wajib kita rasakan saat itu, karena kebahagiaan akan semua pencapaian tersebut menutupi rasa syukur yang seharusnya diungkapkan. Pada akhirnya, banyak orang yang tidak pernah merasa puas dengan pencapaian dalam diri mereka.


Ada juga orang yang sering merasa cemas, takut dengan berbagai hal, dan tidak merasa puas dengan apa yang dicapai, hingga berujung depresi. Hal-hal seperti bisa saja dialami oleh siapa pun di luar sana, bahkan tanpa terkecuali orang yang terlihat hidupnya mapan dan bahagia sekali pun belum tentu luput dari perasaan tersebut.


Memang berbagai pencobaan dalam hidup, baik itu terjadi pada diri sendiri maupun orang-orang sekitar kita, keluarga yang kita cinta, kerap kali membuat rasa syukur itu terabaikan. Rasa syukur menjadi hal yang sulit dirasakan, dan memang tidak mudah untuk bersyukur karena pada dasarnya hidup manusia penuh dengan tuntutan dan keinginan yang tidak ada habisnya. Padahal sebagai manusia biasa, sudah seharusnya kita mensyukuri anugerah dan segala hal baik terjadi dalam hidup kita.


Bersyukurlah! Karena dengan bersyukur kita bisa lebih bijak dalam hidup dan menjalani hari-hari dengan lebih bahagia. 


Befriending Ourselves with Gratefulness merupakan sebuah ungkapan bagaimana upaya menumbuhkan rasa syukur atau usaha untuk sengaja tak menyia-nyiakan semua hal baik dalam kehidupan. Befriending Ourselves with Gratefulness juga berarti perasaan syukur atau berterima kasih dalam menghargai pencapaian hidup serta bentuk emosi positif dalam mengekspresikan kebahagiaan terhadap segala sesuatu bentuk kebaikan yang diterima.


Pentingnya Befriending Ourselves with Gratefulness

Mengapa Befriending Ourselves With Gratefulness itu penting?

  1. Membuat seseorang merasa lebih positif dalam menjalani kehidupan.

Dengan adanya rasa syukur yang tertanam dalam diri seseorang, akan membuat orang tersebut merasa lebih positif dalam menjalani hari, merasa lebih semangat dalam beraktivitas, memiliki energi yang positif, dan pastinya akan lebih fokus dan maksimal dalam mengerjakan sesuatu.

  1. Rasa syukur menjadi bentuk konsep diri yang positif dalam mempresentasikan kehidupan.

Pandangan seseorang mengenai diri individu akan berpengaruh pada tindakan yang akan dibuatnya. Apabila seseorang memiliki konsep diri yang positif, maka akan terbentuk penghargaan yang tinggi pula terhadap diri individu. Sebaliknya, apabila seseorang memiliki konsep diri yang negatif, maka akan muncul evaluasi negatif pada dirinya.


Manfaat Befriending Ourselves with Gratefulness

Apa manfaat menjadi pribadi yang Befriending Ourselves with Gratefulness?

  1. Membuat kondisi mental seseorang lebih baik

Orang yang pandai bersyukur tentulah lebih bahagia. Selain itu mereka juga dikenal memiliki pandangan yang lebih baik terhadap hidupnya, bertingkah laku lebih baik di lingkungan dimana dia berada.

  1. Mengurangi depresi dan menambah optimisme dalam hubungan

Sebuah studi yang ditampilkan dalam jurnal Personal Relationship mengungkapkan bahwa mensyukuri setiap hal terkecil yang dilakukan pasangan membuat hubungan seseorang dengan pasangannya dijamin akan lebih kuat dan memberikan dampak positif bagi hubungan.

  1. Membangun otot mental dan mendatangkan hal positif

Terdapat banyak riset yang telah membuktikan, bahwa banyak bersyukur dapat membuat kondisi mental kita menjadi lebih baik,  jika kita mempraktekkannya secara teratur.



Cara Befriending Ourselves with Gratefulness

Ada beberapa upaya penting untuk menjadi seorang pribadi yang Befriending Ourselves with Gratefulness :

  1. Jangan selalu melihat ke atas

Dengan melihat ke bawah, kita akan mengetahui bahwa kita jauh lebih beruntung dibandingkan orang lain. Banyak orang yang kesulitan makan, tidak memiliki tempat tinggal, menderita penyakit, hidup di daerah konflik, atau mengalami musibah bencana alam. Maka jika dibandingkan mereka kita jauh lebih baik dan beruntung.

  1. Pikirkan hal-hal baik

Selalu menjaga pikiran tetap positif, memikirkan apa yang perlu dan baik untuk kesehatan mental kita karena dengan mengendalikan apa yang ada di pikiran kita dapat membuat kondisi emosional kita jauh lebih baik.

  1. Membiasakan diri untuk mengucapkan terima kasih.

Ucapan terima kasih setiap kali menerima kebaikan dari orang lain akan membiasakan kita untuk senantiasa bersyukur atas hal baik yang kita terima.

  1. Berhenti mengeluh 

Ketika menghadapi kenyataan yang tidak sesuai harapan, seringkali membuat kita mengeluh. Mulailah mengubah kebiasaan ini. Lebih baik berhenti mengeluh dan produktif berkarya sehingga hasil yang baik akan kita dapat, kita pun akan lebih mudah untuk bersyukur.




Kesimpulan 

Mengapa harus Befriending Ourselves with Gratefulness ?

"Kebahagiaan tidak menghampiri mereka yang memiliki segalanya. Namun, kebahagiaan akan menghampiri mereka yang terus bersyukur atas nikmat-Nya."

Bersyukur tidak mudah untuk dilakukan karena manusia seringkali tidak puas dengan apa yang telah dimiliki. Harus bersabar dan janganlah selalu melihat ke atas, tapi lihatlah juga ke bawah karena masih banyak yang lebih menderita.


Referensi:


Comments

Artikel