Bunuh Diri, Salah Satu Kematian Paling Banyak di Dunia

 



Menurut perkiraan terbaru dari World Health Organization (WHO), setiap tahun, satu dari 100 kematian paling banyak disebabkan karena bunuh diri dari pada HIV, malaria, kanker payudara atau perang dan pembunuhan. Pada tahun 2019, lebih dari 700.000 orang di dunia meninggal karena bunuh diri.

Tingkat bunuh diri pada laki – laki umumnya lebih tinggi di negara – negara berpenghasilan tinggi. Sedangkan untuk wanita, tingkat bunuh diri tertinggi ditemukan di negara bepenghasilan menengah kebawah.

Perilaku bunuh diri mengacu pada membicarakan atau mengambil tindakan yang berkaitan dengan mengakhiri hidup sendiri. Ada banyak faktor seseorang ingin melakukan bunuh diri.

Dilansir dari laman tempo, Psikolog Lyly Puspa Palupi S., mengatakan penyebab seseorang bisa berkeinginan melakukan bunuh diri sangat beragam, salah satunya gangguan suasana hati (mood), hidangga depresi. Ketika seseorang mengalami kesedihan mendalam, merasa tidak berdaya, tidak ada yang bisa menolongnya, sampai akhirnya seseorang tersebut memutuskan untuk bunuh diri.

 

Tanda – Tanda peringatan bahwa seseorang mungkin mencoba bunuh diri



Kita tidak dapat melihat apa yang dirasakan didalam diri seseorang, sehingga tidak mudah untuk mengidentifikasi ketika seseorang memiliki pikiran untuk bunuh diri. Namun, kenali beberapa tanda peringatan seseorang mungkin berpikir untuk bunuh diri, meliputi:

       Berbicara tentang perasaan putus asa atau kesepian

       Mengatakan mereka tidak punya alasan untuk terus melanjutkan kehidupan

       Membuat surat wasiat

       Mencari cara untuk menyakiti diri sendiri

       Tidak memiliki napsu makan hingga mengakibatkan penurunan berat badan yang signifikan

       Mengkonsumsi minuman beralkohol atau obat – obatan yang berlebihan

       Perubahan suasana hati yang ekstrim

       Menghindari interaksi dengan orang lain

       Berbicara tentang bunuh diri sebagai jalan keluar terhadap suatu masalah

Jika ada orang sekitar kita yang mengalami salah satu tanda seperti diatas, jangan diabaikan. Berikan seseorang tersebut perhatian kecil, perhatian yang kamu berikan dapat membantu menghilangkan keinginannya untuk bunuh diri dan membuat orang tersebut yakin untuk kembali menjalani hidup.

 

Cara berbicara dengan seseorang yang ingin bunuh diri


Kamu perlu mengambil tindakan jika terdapat orang sekitarmu memiliki pikiran untuk bunuh diri. Memulai percakapan dan tidak menghakiminya dapat membantu menyelamatkan hidup seseorang. Selama percakapan, pastikan kamu:

       Tetap tenang

       Bersikap empati

       Memberikan dukungan untuk tetap melanjutkan kehidupan

       Tawarkan bantuan atau ajak seseorang tersebut untuk menemui Psikolog atau Psikiater agar mereka dapat perawatan sehingga bisa merasa lebih baik

 

Memiliki pikiran atau ingin melakukan tindakan bunuh diri



Kamu mungkin merasa sangat kesepian dan tidak ada orang yang mengerti kamu, yang perlu kamu tekankan disini adalah kamu tidak sendirian. Selalu ada pertolongan dan bantuan untukmu. Simak tulisan ini untuk pertolongan pertama jika kamu merasa ingin bunuh diri.

Pertolongan pertama

Kamu telah berjuang dengan hebat dan sampai di titik ini, dan kamu akan mampu melewati semua ini. Perasaan yang kamu rasakan itu adalah hal valid yang kamu harus lakukan cobalah komunikasikan perasaanmu kepada orang – orang disekitarmu atau konsultasikan kepada psikolog dan psikater dari aplikasi kesehatan.

Tanyakan kepada dirimu sendiri dengan serangkaian pertanyaan dibawah ini dan lakukanlah sehingga kamu dapat merasa lebih baik.

 

Apakah kamu sedang haus atau lapar?

Jika kamu merasa haus, maka segeralah minum segelas atau dua gelas air putih sekarang juga.

Jika kamu lapar, maka segeralah makan – makanan yang sehat atau makan-makanan kesuakaanmu. Kemudian perhatikan perasaanmu, apakakah sudah membaik setelah kamu makan atau minum.

 

Apakah kamu sudah beraktivitas fisik hari ini?

Berbaring atau bersandar di sebuah kursi, mulailah dengan atur pernapasan. Kemudian renggangkan ototmu selama delapan hitungan, lalu lemaskan selama delapan hitungan, hal tersebut dapat membuat kamu lebih relax. Selain itu kamu juga bisa berjalan – jalan santai di lingkungan sekitar rumahmu.

 

Apakah kamu sedang merasa tidak berguna?

Jika iya, cobalah untuk beristirahat sejenak dan lakukan hal kecil yang bermafaat, seperti merapihkan kamarmu, menulis perjalanan hidupmu sampai detik ini, atau berikan ucapan manis kepada orang lain bisa melalui tulisan atau ucapan. Tunggulah hingga seseorang melakukan hal yang baik, dan berikan pujian yang tulus.

Apakah kamu merasa sendirian? Apakah kamu ingin curhat?

Kamu dapat mengubungi seseorang yang kamu percayai, dan ceritakan perasaan atau masalah yang kamu hadapi saat ini. Aturlah waktu untuk bertemu atau menelfon mereka.

Dengan kamu menceritakan masalahmu kepada orang lain salah satu cara yang paling ampuh untuk melepaskan rasa penat dan Lelah di pikiranmu. Bercerita membuat kamu lebih lega dan merasa tidak kesepian.

Namun terkadang beberapa orang tidak dapat kamu percaya, sehingga kamu memilih untuk menyimpannya sendiri. Atau, kamu memiliki teman cerita tetapi respon dari temanmu malah memperburuk perasaanmu. Jika itu yang terjadi, kamu bisa coba melakukan konsultasi kepada psikolog, psikiater, atau pelayanan curhat yang tersedia di aplikasi atau di internet.

Tenang jika kamu membutuhkan konseling Yayasan cintai diri Indonesia menyediakan layanan konseling dengan Psikolog atau peer counselor. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik link ini berikut ini https://taplink.cc/loveyourself_indonesia

 

Langkah Pencegahan untuk bunuh diri


Perilaku bunuh diri merupakan tindakan yang harus dihindari. Rawatlah diri mu dan kesehatan mentalmu karena itu merupakan asset terpenting di dalam hidupmu. Simak cara berikut untuk menjaga kesehatan mental dan fisikmu, meliput:

Self- care

Self-care atau merawat dirimu adalah salah satu hal penting yang harus kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu. Cobalah setiap hari sisihkan waktu sebentar untuk merawat diri, seperti:

       Dengarkan lagu favoritmu

       Menyanyi atau bejoget saat mendengarkan lagu

       Memainkan alat music

       Menonton program TV atau film favorit

       Membaca buku atau komik

       Berkumpul bersama keluarga, teman, atau sahabat

       Berkencan dengan pasangan

       Melakukan perawatan tubuh

       Melakukan hobi (misal melukis, menjahit, main game, dan lain – lain)

       Bermain dengan hewan peliharaan

       Berdandan untuk diri sendiri

       Mencatat perasaanmu di buku harian

       Meditasi

       Olah raga

       Memesan atau masak makanan favorit

Lakukan self-care secara rutin tidak hanya dapat menjaga kesehatan mentalmu tetapi juga kesehatan fisikmu. Self-care juga dapat meningkatkan kemampuanmu dalam mengendalikan emosi, hingga meningkatkan produktifitas.

 

Menjaga kesehatan fisik

Berolahraga secara rutin akan membantu mu untuk menjaga kesehatan fisikmu. Tentunya selain berolahraga pola makan dan pola tidur juga perlu kamu perhatikan.

Hindari mengkonsumsi alcohol secara berlebihan dan jangan menyalahgunakan zat adiktif (narkoba). Cobalah untuk makan – makanan yang bergizi seperti buah – buahan, sayur, dan lain – lain.

Mengatur pola tidur sangat penting untuk kesehatan fisikmu. Jika kamu kesulitan untuk tidur cobalah, pelajari Teknik meditasi dan releksasi.

Hal – hal tersebut tidak hanya dapat membantu menurunkan pemikiran negatif, tetapi bisa membuat hari – harimu lebih berwarna.

 

Melatih “mindfulness”

Mainfulness adalah cara untuk memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi dengan sadar tanpa adanya penilaian. Mindfulness dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang, fokus, dan membuat hidupmu menjadi lebih baik.

Kamu bisa melakukannya di rumah atau dimana pun, misalnya ketika kamu sedang makan cobalah untuk fokus dan menikmati makanan mu, rasakan tekstur makanannya atau rasanya (manis, asin, gurih, pedas dan lain - lain).

 

Buatlah safety plan

Apabila kamu sering menghadapi situasi yang dapat memicu pemikiran bunuh diri, kamu bisa Menyusun rencana keamanan atau safety plan sebagai cara cepat untuk bisa membantumu memulihkan pemikiranmu.

Pada umumnya, safety plan berisi mengenai apa saja yang kamu tahu dapat memicu pemikiran dirimu, serta bagaimana cara mencegahnya. Safety plan kamu isi dengan daftar nomer telfon orang – orang yang kamu percayai dan psikolog atau psikiater yang bisa kamu hubungi saat kamu membutuhkan bantuan.

 

Bunuh diri bukanlah solusi menghadapi suatu masalah. Dirimu sangatlah berharga dari apapun, jika kamu memiliki masalah yang berat, jangan dipendam sendiri cobalah terbuka  kepada orang yang kamu percayai. Mari cintai diri sendiri maka hidupmu akan lebih baik. Perlu diingat jika ada seseorang disekitarmu yang memiliki pikiran untuk bunuh diri, temani dia, jangan menghakimi dan berilah dukungan agar dia tetap semangat dalam menjalani kehidupan. Selamat hari pencegahan bunuh diri sedunia.

 

Penulis: Nabilah Nafabrianti (Universitas Pancasila Fakultas Ilmu Komunikasi)

 

Refrensi:

Kahn, April. (2019, Desember 20). What You Should Know About Suicide. https://www.healthline.com/health/suicide-and-suicidal-behavior

Antara. (2019, November 17). Berbagai Faktor Pemicu Bunuh Diri Menurut Psikolog.  https://gaya.tempo.co/read/1273345/berbagai-faktor-pemicu-bunuh-diri-menurut-psikolog

https://www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri/menolong-diri-sendiri-dengan-pemikiran-bunuh-diri/ 

https://www.who.int/news/item/17-06-2021-one-in-100-deaths-is-by-suicide



Comments

Artikel