What's Your Mood?

 


Setiap orang tentu pernah mengalami suasana hati (mood) yang tak menentu. Mood sendiri merupakan kondisi suasana hati atau keadaan emosional yang dimiliki oleh seseorang dan bersifat sementara. Macam-macam emosi yang dimiliki seseorang tentu mewakili perasaan dalam mengekspresikan suasana hatinya.


Suasana hati atau mood yang sedang dialami seseorang, tentu memiliki pengaruh positif maupun negatif. Pada pengaruh positif, ketika kita sedang mengalami kebahagiaan, kegembiraan maupun ketenangan, tentu kesehatan mental yang ada dalam diri tetap stabil terjaga. Namun, jika kita memiliki suasana hati yang negatif atau memberikan tekanan dalam hidup, seperti stres, ketakutan, kegugupan serta kecemasan tentu hanya akan memperburuk keadaan kesehatan mental.


Adapun macam-macam suasana hati (mood) yang dimiliki seseorang, yaitu :

1. Bahagia

Emosi bahagia merupakan emosi yang paling diinginkan oleh orang banyak. Bahagia disini merupakan sebagai kondisi emosional yang ditandai dengan perasaan yang senang, gembira, ceria maupun yang memiliki kepuasan tersendiri. Emosi bahagia ini, bisa ditunjukan oleh seseorang lewat tampilan fisiknya, seperti raut wajah yang tersenyum, nada suara yang semangat maupun tingkahnya yang santai.


2. Sedih

Emosi sedih dapat diartikan sebagai kondisi dimana seseorang sedang tidak bersemangat, murung, kecewa maupun tidak tertarik dalam mengerjakan atau melakukan kegiatan apapun. Emosi sedih ini dapat kita lihat dari ekspresi yang diberikan seseorang, seperti raut wajah yang cemberut, cenderung diam, lesu maupun menangis.


3. Marah

Setiap orang tentu dapat menunjukan emosi marahnya, seperti meluapkan kekesalan akan suatu hal yang tidak disuka. Emosi ini sering kita lihat dari bagaimana cara seseorang berekspresi, seperti nada suara yang kencang dan berteriak, raut wajah yang cenderung cemberut maupun menunjukan perilaku agresif seperti melempar suatu barang.


4. Takut

Saat seseorang dihampiri suatu hal yang berbahaya, tentu akan merasakan emosi yang berupa ketakutan. Takut merupakan emosi yang kuat dan dapat juga menunjukan suatu kecemasan. Emosi takut dapat dilihat dari ekspresi yang khas dari seseorang, seperti melebarkan mata serta mengalami reaksi dari fisik seperti detak jantung yang cepat.


5. Terkejut

Saat menghadapi suatu momen yang tidak disangka, tentu seseorang akan memberikan emosi terkejut. Emosi ini dapat kita lihat dari ekspresi seseorang yang sedang melebarkan mata, membuka mulut, berteriak serta respon fisik seperti melompat.


Pada dasarnya, emosi-emosi tersebut terbagi menjadi dua, yaitu suasana hati yang sedang baik (good mood) adan suasana hati yang sedang buruk (bad mood). Saat seseorang sedang mengalami hari yang buruk dan menjadi bad mood, kondisi suasana hati yang dirasakkan tentu menjadi lebih sulit untuk mengontrol emosi, perasaan yang menjadi tidak karuan hingga tidak dapat berkonsentrasi saat melakukan sesuatu.


Di sisi lain, banyak orang kerap mengalami perasaan atau suasana hati yang berubah-ubah, yang dapat kita sebut “moody”. Dibalik berbagai kondisi mood yang dialami oleh seseorang ini, tentu memiliki banyak fakta yang belum banyak diketahui orang banyak. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang mood, yuk ikut Webinar yang diadakan oleh Love Yourself Indonesia!


Dalam rangka hari kemerdekaan, Love Yourself Indonesia mengadakan acara webinar “Semarak Jiwa Merdeka” yang akan membahas seputar isu kesehatan mental dimana salah satu temanya ialah “What’s Your Mood”.


Mungkin, banyak dari kamu yang masih penasaran terkait fakta-fakta dibalik mood, bagaimana cara mengontrol mood yang sering berubah serta membutuhkan informasi-informasi lebih lengkap terkait suasana hati. Untuk itu, yuk daftarkan diri kamu segera pada Webinar “What’s Your Mood” yang akan diadakan pada hari Minggu, 29 Agustus 2021 pukul 19.00 - 21.00 WIB via Zoom Meeting.


Investasi : Rp. 15.000


Link pendaftaran : bit.ly/EventSemarakJiwaMerdeka


Fasilitas yang didapatkan :

- E-Certificate

- Soft File Materi

- Free Counseling

- Doorprize senilai Rp. 50.000,-

 

Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat dapat menghubungi :

0895361146612 (Nadia Aninda) atau 085664744021 (Syena Meuthia)



Penulis : Tania Aqilla (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila)



Referensi

Adinugroho, I. (2016). Memahami Mood dalam Konteks Indonesia: Adaptasi dan Uji Validitas Four Dimensions Mood Scale, Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia, 5 (2): 127-152.


https://www.litcharts.com/literary-devices-and-terms/mood


https://www.sehatq.com/artikel/macam-macam-emosi-yang-membuat-anda-menjadi-manusia-seutuhnya

Comments

Artikel