Sabotase Diri Menghambat Untuk Berkembang

 


Tanpa disadari mungkin kamu pernah menyabotase diri sendiri. Ketika kamu memiliki peluang untuk berkembang tapi, kamu malah tidak mengambil kesempatan tersebut karena takut gagal atau pesimis duluan, yang pada akhirnya bisa merugikan dirimu sendiri. Perilaku tersebut dinamakan sabotase diri. Sabotase diri adalah pola pikir atau tindakan kamu untuk menghalangi kesuksesan dan kebahagiaan diri sendiri.

Semakin negatif kamu berpikir tentang dirimu sendiri, maka perilakumu menjadi negatif juga karena pikiranmu adalah hal yang kamu peracayai. Pikiran negatif seperti takut keluar dari zona nyaman, takut gagal, pesimis dan perfeksionis yang pada akhirnya akan membuat kita melakukan penundaan. Padahal pola pikir dan perilaku tersebut menghambat kita untuk berkembang.


Penyebab Sabotase Diri

  1. Sabotase diri ini dapat terjadi karena kamu memiliki pandangan buruk ke diri sendiri. Misalnya seperti merasa tidak pantas untuk sukses dan bahagia atau tidak mencintai diri sendiri. Penghargaan diri yang rendah dapat memberi warna gelap untuk hidupmu.
  2. Alasan melindungi diri sendiri menjadi tameng untuk orang yang melakukan sabotase diri. Orang – orang yang mensabotase diri sering menganggap mereka sedang melindungi diri sendiri. Maka dari itu seseoang yang mensabotase diri sering mengatakan “tidak” ketika ada peluang yang sebenarnya dapat membuat mereka berkembang. Mereka berlindung dialasan ini agar mereka merasa aman dan terhindar dari kegagalan.
  3. Sabotase diri terjadi ketika dorongan kamu untuk menghindari tantangan atau masalah lebih tinggi dari pada dorongan kamu untuk berekembang dan siap menghadapi resiko yang ada. Sabotase diri sering dimulai ketika kamu memilih untuk tidak menghadapi masalah atau tantangan hidup yang terjadi.

 

Cara mengatasi Sabotase Diri

Berani Menghadapi Ketakutan

Cara terbaik untuk menghadapi ketakutan bukan menghindarinya tetapi kamu harus berani untuk mengahadapi ketakutan tersebut. Penundaan paling sering dipicu oleh rasa takut akan kegagalan.  Sesungguhnya tidak ada orang yang menyukai kegagalan. Namun kegagalan salah satu proses untuk meraih kesuksesan, dari kegagalan kita bisa belajar banyak hal.  Apa pun yang berharga layak untuk gagal. Jika kamu selalu takut kamu tidak akan pernah bisa berkembang dan bahagia.


Self-Talk

Belajar mengurangi kata – kata negatif tentang diri sendiri dan mulai untuk positif self-talk dengan diri sendiri. Positif self-talk disini bukan berarti melawan perasaan sedih. Namun, mengarahkan diri untuk sadar dan menerima situasi yang ada. Pada hakikatnya manusia tidak sempurna, manusia pasti melakukan kesalahan dan itu hal yang wajar. Positif self-talk ini dapat membantu kamu untuk tetap betahan di situasi yang tidak menyenangkan. Kata – kata self-talk seperti “it’s okay… kan lagi belajar” atau “it’s okay, buat salah kok, aku bisa belajar dari kesalahan” bisa kamu coba loh!

Banyak karir dan peluang lainnya yang dapat membuka jalan kamu menuju kesuksesan. Namun kamu yang memegang kendali hidupmu dan tindakan yang kamu ambil akan mempengaruhi hidupmu. Setiap orang memiliki potensi diri yang berda – beda. Namun sabotase diri membuatmu tidak menyadari potensi kamu yang sebenarnya. Sabotase diri juga sangat merugikan kamu untuk berkembang. Mulailah berhenti melakukan sabotase diri dari sekarang.

 

Penulis: Nabilah Nafabrianti (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila)


Refrensi:

Everly,G (2020, January 7). Self Sabotage: How to Recognize and Conquer It. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/when-disaster-strikes-inside-disaster-psychology/202001/self-sabotage-how-recognize-and-conquer

(2020, September 24). Bagaimana Menghentikan Sabotase Diri dan Menjadi Lebih Positif Dari Sebelumnya?. https://www.helo.id/detail/1696/bagaimana-menghentikan-sabotase-diri-dan-menjadi-lebih-positif-dari-sebelumnya.html

Satu Persen. (2020, 6 August). Ketika Dirimu Sendiri yang Merusak Kebahagiaanmu (Perilaku Self-Sabotage)https://youtu.be/r4GA5pNjY2w

https://www.psychologytoday.com/us/blog/liking-the-child-you-love/202010/two-proven-ways-overcome-self-sabotage

 https://www.psychologytoday.com/us/blog/unlock-your-true-motivation/201911/why-we-self-sabotage



Comments

Artikel