Sense of Humor for Mental Health


Sense of humor menurut Martin (dalam Ruch, 1998 dalam Nabila, 2011:6) sebagai kemampuan individu untuk tidak terlalu serius dalam mengungkapkan suatu hal dan kemampuan untuk menertawakan kelemahan dan kekurangan diri sendiri, akan tetapi para humoris. Martin (dalam Nabila, 2011:38) menyatakan bahwa sense of humor adalah karakteristik yang merujuk pada perbedaan respon emosional individu dalam konteks kegembiraan sosial, yang ditunjukkan melalui persepsi mengenai kaganjilan yang lucu dan diekspresikan melalui senyuman dan tawa. Menurut Nabila (2011:38) menyimpulkan bahwa sense of humor adalah karakteristik penting yang dimiliki oleh setiap individu dalam mempersepsikan dan merespon hal lucu yang mampu untuk membangkittkan kegembiraan hidup. Selain kebahagian hidup sense of humor juga mengandung banyak keuntungan. Diantaranya individu dengan sense of humor yang lebih tinggi, lebih termotivasi, lebih ceria, dapat dipercaya mempunyai self esteem yang lebih tinggi. 
Salah satu keuntungan yang terbesar dengan memiliki kepekaan terhadap humor (sense of humor) adalah pengaruhnya pada kesehatan mental (mental health).  
Pertama, humor bisa mengantarai hubungan sosial, yang mana ini bisa menciptakan mental health enhancing effects (efek meningkatkan kesehatan mental). 
Kedua, humor mempunyai efek secara tidak langsung pada tingkatan stress. Seseorang yang peka terhadap humor dalam kehidupan, pengalaman stressful individu sering diminimalkan. 
Ketiga, proses fisiologi yang dipengaruhi oleh humor. Sebagai contoh, tertawa bisa mengurangi ketegangan saraf. 

Tips untuk Meningkatkan Sense of Humor
Kesehatan mental membantu individu untuk membuat keputusan ketika mereka berada dalam situasi krisis, ketika mereka harus menghadapi kesulitan hidup dan masalah stress. Orang yang terlihat bahagiapun rentan terhadap masalah kesehatan mental. Hidup terkadang bisa sangat melelahkan. Bahkan orang terkuat pun hancur. Peristiwa emosional dapat mempengaruhi orang secara afektif dan biologis. Selera humor yang baik adalah cara alami untuk mengendalikan tingkat stress. Ada beberapa metode untuk meningkatkan sense of humor :

1.  Focus your attention on things that make you happy 
Cobalah untuk tetap bahagia dengan melukan hal-hal yang membuat tersenyum. Cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan memikirkan hal-hal sederhana yang membawa pikiran baik dan menghidupkan kembali kenangan indah. 

2. Embrace a giving spirit
Bukan hanya hal-hal materi, saat berada ditengah-tengah orang yang lucu, mencobalah untuk menimbrung dalam membuat lelucon dengan mereka. Ketika mereka membuat anda tertawa berbalaslah dengan berbagai cerita lucu.
 
3. Find something funny on social media
Platform media sosial bia menjadi sumber tawa yang baik. Anda dapat bergabung dengan grup atau mengikuti orang-orang yang menyukai humor. Dengan cara ini, anda juga bisa belajar beberapa hal tentang menjadi lucu.

4. Be discerning
Tertawa yang baik itu sehat, tetapi tidak semuanya lucu. Cari tahu jenis lelucon apa yang cocok. Ini akan membantu untuk menghindari membuat lelucon polos yang berubah menjadi kasar atau menyakiti bagi sebagaian orang. 



Ditulis oleh : Salsabila Royyana (Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Referensi
Septiana Orissa. 2017. Hubungan antara sense of humor dan subjective well-being pada mahasiswa. Skripsi.  Psikologi Fakulas Ilmu Pendidikan. UNNES.
Seyednezad S. J., Zenab A. J. J., Teymor A. G., Nasram S. 2011. The study relationship between sense of humor and general health in students. Procedia-Sosial and Behavioral Sciences. 30, 2057-2060.
https://www.webmd.com/mental-health/how-does-humor-affect-mental-health 

Comments

Artikel