SELF HEALING: PENGOBAT LUKA BATIN


Semua orang pasti tidak asing dengan kata Self-healing. Apa itu self healing? Self healing adalah fase yang diterapkan pada proses pemulihan (umumnya dari gangguan psikologis, trauma), didorong oleh dan diarahkan oleh pasien, sering hanya dipandu oleh insting. Proses tersebut menghadapi nasib campuran karena sifat amatir, meskipun motivasi diri merupakan aset utama. Nilai penyembuhan diri terletak pada kemampuannya untuk disesuaikan dengan pengalaman unik dan persyaratan individu
Menurut Sui(2009) ia mengatakan bahwa self healing juga dapat dicapai melalui mekanisme psikologis yang sengaja diterapkan. Pendekatan ini dapat meningkatkan kondisi psikologis dan fisik seseorang

Self healing merupakan metode penyembuhan penyakit bukan dengan obat, melainkan dengan menyembuhkan dan mengeluarkan perasaan dan emosi yang terpendam di dalam tubuh. Self healing juga disebut sebagai rangkaian latihan praktis yang dikerjakan secara mandiri sekitar 15-20 menit dan sebaiknya dilakukan 2 kali dalam sehari.
Setiap orang pasti pernah mengalami lelah secara psikis dalam berbagai bentuk. Seperti cemas akan suatu penyakit,kesedihan yang mendalam karena ditinggal orang tersayang,marah pada diri sendiri karena gagal meraib sesuatu,dan sebagainya. Nah bagaimana dan siapa yang seharusnya menyembuhkan luka tersebut?ada beberapa langkah untuk melakukan self healing. Sebagai berikut:
1. Me time
Masalah yang belum selesai membuat beberapa orang sering dikaitkan dengan keberadaan orang lain. Me time membantu orang memikirkan diri mereka sendiri terlebih dahulu. Tidak peduli bagaimana orang lain memperlakukannya, kita selalu bisa memilih untuk bahagia.
2. Self acceptance atau menerima diri sendiri 
coba luangkan waktu sejenak untuk menerima diri sendiri apa adanya, dengan sisi baik dan buruk kita, dengan kegagalan dan kesalahan masa lalu kita. Hal semacam itu yang dibutuhkan untuk melakukan self healing.
3. Mindfullness 
Mindfulness adalah berpikir dengan kesadaran yang penuh. Mengelola pikiran, perasaan, dan lingkungan untuk menghubungkan titik-titik yang ada dalam pikiran kita. Memaknai setiap peristiwa dan kejadian yang pernah kita alami dengan lebih sehat. Mindfulness dapat meningkatkan self compassion dan kebermanfaatan hidup.
4. Melakukan kegiatan yang positif 
Ketika mulai melakukan self healing, penting untuk menyaring hal-hal negatif yang dapat menyebabkan stres. Dibutuhkan upaya nyata untuk memerangi hal tersebut. Hindari menonton berita, membaca koran, atau mengakses sosial media untuk sesuatu yang tidak perlu. Cobalah untuk melakukan kegiatan positif, seperti baca buku atau mendengarkan musik yang ceria secara rutin karena secara tidak langsung otak akan mengirim pesan positif yang dapat meningkatkan mood dan mendukung proses self healing.

Diatas merupakan beberapa cara dalam melakukan self healing. Semoga penjelasan di atas dapat membantu memulihkan diri dari luka batin yang dialami. 




Ditulis oleh : Rizky Septiawan Sumantri (Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Referensi
Budiman(2018)Pengaruh Efektivitas Terapi Self Healing Menggunakan Energi Reiki terhadap Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi.PSYMPATHIC : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4, 1
Diana rahmasari.SELF HEALING IS KNOWING YOUR OWN SELF. Unesa University Press.Surabaya.2020
https://pijarpsikologi.org/8-metode-self-healing/diakes pada tanggal 7 juni 2021

Comments

Artikel