TIME MANAJEMENT : Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien


Waktu yang kita miliki adalah 24 jam sehari sehingga dapat kita gunakan secara tepat dan efektif sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Hanya saja tidak semua orang memahami atau menggunakan waktu yang dimilikinya semaksimal mungkin, bahkan mengabaikan pemahaman konsep waktu yang berharga. Karena inilah adanya istilah penerapan time management atau manajemen waktu.
Manajemen waktu adalah pedoman yang mencakup perencanaan, pengendalian, dan penataan bagaimana kita menghabiskan dan berapa banyak waktu yang kita gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Seseorang harus memahami nilai waktu untuk kesuksesannya dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Orang yang membuang waktu adalah orang yang tidak bisa mengatur pola hidup dan identitas mereka sendiri.

Seorang perlu belajar dan berlatih menyelamatkan waktu dan menggunakannya secara baik, efektif dan efisien. Time management yyang efektif dapat membantu melakukan hal penting disetiap jam kerja. Di dalamna setiap pribadi atau pimpinan dapat menggunakan waktu dengan baik, mendelegasikan tugas, mengorganisasi pekerjaan, merencanakan waktu perlu dibuat pertemuan (rapat), melakukan rehabilitasi efektif atas mental dan fisik setelah melakukan pekerjaan berat dan mengalami tekanan berat. Ini merupakan tugas utama, yang dapat dilaksanakan dengan baik jika time management yang baik diterapkan.

Mengenal apa itu Time Management?
Time management merupakan seni menata urusan bisnis dan pribadi sefektif dan seefisien mungkin. Membuat semuanya terlaksana dengan baik, secepat mungkin, dan dengan penggunaan sumber data (waktu, energy, uang, dan manusia) sesedikit mungkin. Tujuan utama di balik semua usaha itu adalah untuk menghemat waktu lama yang perlukan untuk pelaksanaan tugas atau pekerjaan. Dengan kata lain, itu adalah suatu seni menata, mengorganisasi, menjadwal, dan menganggarkan waktu yang tersedia untuk tujuan menghasilkan kerja lebih efektif dan produktif. 

Pentingnya Penerapan Time Management
Masalah time management adalah hal umum bagi banyak orang. Banyak orang merasakan dan mengakui tentang perlunya, tetapi dalam kenyatannya mereka tidak memperhatikan dan menerapkannya. Dalam menerapkan time management itu hasilnya tidak selalu kelihatan pada tahap awal penerapannya, namun setelahnya, dengan penerapan yang konsisten, hasilnya bisa sangat mengagumkan. Jika hasil di masa depan tidak dipikirkan dalam time management yang dibuat sekarang, orang bisa jadi akan menggunakan waktu mereka untuk hasil-hasil yang sesegera mungkin bisa didapatkan, yang biasanya lebih kecil dari hasil-hasil lainnya, yang didapatkan kemudian dalam waktu yang jauh kedepan. Dengan kata lain, orang lebih suka hal-hal yang mendesak tetapi tidak penting ketimbang hal-hal penting tettapi tidak mendesak. 
Time management yang bagus sangat penting untuk mengatasi tekanan-tekanan dari dunia modern ini tanpa mengalami terlalu banyak stress. Time management yang bagus tidak berarti melakukan banyak pekerjaan, melainkan berfokus pada tugas setepatnya dan membuat perbedaan. Apakah di dalam pekerjaan atau kehidupan secara keseluruhan, seorang harus belajar bagaimana mengelola waktu secara baik, yang akan membantu merasa lebih relaks, focus, dan terkontrol. Menurut Donaldson (dalam Adebisi, 2013) “The aim of good time management is to achieve the lifestyle balance you want.” Waktu yang bagus dalam pekerjaan berarti melakukan pekerjaan berkualitas tinggi, bukan terutama tinggi dalam hal kuantitas. 

Manfaat Time Management
Kemampuan seseorang untuk mengatur waktu secara efektif akan berperan penting dalam segala hal, karena dengan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas, sehingga mengurangi stress atau beban yang tidak penting. 
Berikut ini adalah manfaat dari time management di dalam organisasi:
1. Membantu individu atau organisasi dalam menentukan prioritas. 
Misalnya menentukan tingkat kepentingan untuk melalukan sebuah aktivitas.
2. Membantu mengurangi kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan yang harus diselesaikan
3. Dapat membantu untuk mencegah tterjadinya bentrok waktu dalam mengerjakan dua atau lebih pekerjaan dalam saktu yang bersamaan.
4. Membantu proses evaluasi terhadap hasil pekerjaan individu attau organisasi.
Sedangkan untuk kehidupan pribadi, time management yang baik dapat dilihat dari alokasi waktu untuk pekerjaan dan juga untuk kehidupan pribadi di luar pekerjaan. 
Berikut manfaat time management bagi kehidupan pribadi:
a. Kemampuan individu dalam mencapai produktivitas dan efisiensi yang lebih besar.
b. Memiliki reputasi professional yang lebih baik.
c. Terhindar dari ekanan atau stress akan berkurang.
d. Membantu meningkatkan peluang dalam mencapai kesuksesan.
e. Memiliki keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan kesempatan karir yang lebih baik. 

Cara Meningkatkan Kemampuan Time Management
Berikut adalah beberapa cara untuk membantu meningkatkan keterampilan dan kemampuan manajemen waktu:
1. Membuat skala prioritas
2. Menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang.
3. Atur penggunaan jadwal di agenda kalender.
4. Menempatkan pekerjaan utama lebih dahulu.


Ditulis Oleh : Salsabila Royyana (Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)


Referensi
Cornelia A. J. A., Kimiaus Saadah. 2018. Peran Time Management Terhadap Perilaku dan Persepsi Mahasiswa Dalam Organisasi. Kompetensi, 12(2), 107-124
Adebisi, J. F. 2013. Time management practices and its effect on business performance. Canadian Social Science, 9(1). Canadian Research & Development Center of Sciences and Cultures, Montreal, Canada.
Hafner, A. & Stock, A. 2010. Management training and perceived control of time at work. The Journal of Psychology, 144(5), 429-447

Comments

Artikel