Seberapa Penting Self-Love untuk Diri Kita ?


“Gak guna banget sih hidup gue !”
“Gue gak bisa apa-apa !”

Mungkin kata-kata negatif lainnya juga sering terlintas dalam pikiran kamu. Kamu pasti pernah merasa kalau dirimu tidak berharga dan tidak layak untuk dicintai, sehingga membuatmu menjadi tidak percaya diri. Dalam hal kesehatan mental terdapat istilah Self-Love, sebenarnya apasih arti dari Self-love itu? Seberapa pentingkah untuk diri kita ? Yuk simak penjelasannya...

Istilah love youself atau self-love memiliki kesamaan makna yaitu tentang bagaimana kita menerima dan mencintai diri sendiri. Self-love diartikan sebagai sebuah kondisi di mana kita dapat mengapresiasi diri ketika mampu bertindak ke arah yang mendukung perkembangan fisik, psikologis, dan spiritual diri. Misal mulai menerima kekurangan dan kelebihan, memiliki rasa kasih sayang terhadap diri sendiri, lebih fokus terhadap tujuan hidup yang dimiliki, serta hidup secara puas melalui usaha yang telah dilakukan (Khoshaba, 2012). 
Menurut psikolog Deborah Khoshaba Psy.D, self-love adalah keadaan apresiasi terhadap diri sendiri yang bersifat dinamis, yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual kita serta tindakan yang membuat kita dewasa (Psychology Today, 2012). Pernyataan tersebut menunjukan bagaimana kita sebagai tiap individu harus menerima apapun dari diri kita, berusaha menghargai diri sendiri dari segala aspek yang ada pada dalam diri kita, yang terlihat maupun tidak terlihat. 

Dari pengertian para ahli yang sudah dijelaskan, dapat diambil kesimpulan bahwa self love/love yourself merupakan suatu keadaan dimana kita sebagai individu dapat menerima segala aspek yang ada dalam diri kita, aspek positif maupun negative, aspek yang terlihat maupun tidak terlihat. Dan juga keadaan dimana kita dapat mengapresiasi diri sendiri atas semua hal yang telah dilakukan.
Jadi Self-love yang artinya mencintai diri sendiri, bukan berarti memenuhi diri dengan segala keinginan loh ya... dalam self-love kita mengharuskan untuk memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya. Selain itu dalam hal kesehatan mental Self-love merupakan salah satu aspek yang amat penting untuk dimiliki seseorang. Penerapan sikap Self-love tersebut mampu membuat seseorang menjadi lebih mampu berpikir positif dalam kondisi mood ataupun situasi apapun termasuk saat sedang marah, sedih, ataupun kecewa.

Pentingnya Menerapkan Self-Love untuk Kesehatan Mental dan Fisik
Dikutip dari (AloDokter) Self-love merupakan sebuah fondasi yang memungkinkan kita untuk bersikap tegas, menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain, mengejar minat dan mimpi, serta merasa bangga kepada diri sendiri. Oleh karena itu penting sekali untuk mengelola self-love degan baik. Tidak hanya bermanfaat untuk membuat diri kalian merasa tenang dalam menjalani hidup, self love juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan fisik maupun mental kalian, diantaranya :
1. Mendapatkan Kepuasan Hidup
Saat kalian benar-benar menerapkan self-love, kalian akan lebih menerima diri sendiri apa adanya. Hal ini termasuk menerima semua kondisi dalam hidup, baik suka maupun duka dan bertanggung jawab atas segala tindakan yang dilakukan. Semuanya tentu memengaruhi kepuasan dalam hidup karena Anda punya kontrol atas diri sendiri.
2. Membiasakan diri untuk hidup sehat
Dalam mencintai diri sendiri, Anda tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, termasuk dalam hal menjaga kesehatan tubuh. Dengan adanya self-love, Anda akan termotivasi untuk hidup lebih sehat, misalnya dengan lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara rutin.
3. Meningkatkan self-esteem
Self-esteem memainkan peranan yang sangat penting dalam kesehatan mental. Self-esteem adalah cara seseorang memandang dan menerima dirinya sendiri, serta merasa percaya diri. Jika self-love dikelola dengan baik, self-esteem pun akan meningkat. Tak hanya itu, dengan mencintai diri sendiri, Anda juga akan lebih mudah mengatasi stres dan tegar dalam menghadapi permasalahan hidup.
4. Mengurangi risiko terkena gangguan mental
Kesulitan untuk menerima diri apa adanya dan tidak nyaman menjadi diri sendiri merupakan beberapa hal yang dapat membuat Anda stres. Jika dibiarkan, hal ini bisa mengganggu kondisi psikologis Anda.
Beberapa riset pun menunjukkan bahwa orang yang memiliki self-esteem dan self-love yang rendah rentan terkena berbagai gangguan mental, seperti depresi, gangguan cemas, dan gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia. Oleh karena itu, agar kondisi mental Anda tetap sehat, penting untuk bisa menerima dan mencintai diri Anda apa adanya.

Bagaimana cara menerapkan Self-love pada diri kita ?
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencintai diri sendiri, seperti :
1. Kenali diri sendiri
Mulai sekarang kenali diri kamu sendiri, dan temukan jawaban atas pertanyaan tentang diri kamu. Seperti apa keinginan yang ingin kamu capai, ketakutan terbesar kamu, hingga kekuatan terbesar yang kamu miliki.
2. Menjauhi orang-orang yang membawa pengaruh buruk di kehidupanmu 
Hal ini sangat penting, agar kamu tidak melalukan perilaku yang negatif yang bisa merugikan dirimu sendiri dan orang lain.
3. Memerlukan me time. 
Me time merupakan kegiatan yang dapat menyenangkan diri sendiri, misalnya jalan-jalan, shopping, nonton, dll. Dengan melakukan kegiatan tersebut, kamu bisa menghilangkan hal-hal negatif dan membuat dirimu lebih enjoy.
4. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain
Berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain.Fokus pada kekuarangan dan kelebihan kamu, hal tersebut akan membuat dirimu lebih berpikiran positif dalam menjalani sehari-hari.
5. Memaafkan kesalahan 
Ketika kamu melakukan kesalahan, kamu harus segera menyadari bahwa yang kamu lakukan itu salah dan memaafkannya. Cara tersebut bisa membuatmu berdamai dengan dirimu sendiri.

Self love itu sangat simple kok, dengan cara kita dapat menerima diri sendiri dengan apa adanya, mengutamakan kesehatan fisik, emosional serta mental. Saat kamu mencintai diri sendiri, kamu akan mementingkan untuk memilih hidup lebih sehat dan lebih menyayangi diri sendiri. Sadarilah bahwa semua manusia tidak ada yang sempurna, setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Terima kekuranganmu dan maafkan diri sendiri. Serta jangan bandingkan hidupmu dengan orang lain karena setiap individu memiliki jalan yang berbeda. So, love yourself no matter what happend ! Karena diri kita sangat berharga :)



Ditulis Oleh : Nidaaul Husna
(Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Referensi
Yasmin, A. N., & Fardani, R. A. (2020). KONSTRUKSI MAKNA LOVE YOYSELF DAN MENTAL HEALTH AWARNESS BAGI ARMY (KELOMPOK PENGGEMAR BTS) TERHADAP LAGU DAN CAMPAIGN MILIK BTS. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 206-211.
https://id.quora.com/search?q=self%20love
https://www.alodokter.com/pentingnya-self-love-dan-cara-menerapkannya
https://www.cermati.com/artikel/kenali-apa-itu-self-love-dan-bagaimana-cara-menerapkannya
https://satupersen.net/blog/self-love-menghargai-diri-sendiri-kalau-bukan-kamu-siapa-lagi

Comments

Artikel