Sayangi Dirimu dengan Self-Talk

Self-talk adalah berbicara dengan diri sendiri yang dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar dengan mengungkapkan pikiran, pertanyaan, serta gagasan, yang diucapkan dalam hati atau disuarakan secara lantang sehingga menjadi sugesti bagi diri sendiri. Self-talk membantu diri sendiri menjadi lebih sadar dalam berpikir dan bertindak, Self- talk dilakukan orang dalam setiap hal, misalkan ketika seseorang akan mengambil keputusan, ataupun dalam melakukan suatu pekerjaan seseorang yang akan melakukan komunikasi dengan dirinya sendiri. Tanpa disadari Self- talk memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan seseorang, antara lain dalam memahami diri sendiri, dalam mengevaluasi (renungan), terhadap kebiasaan (habits), berfikir positif (positive thinking), bertindak positif, dan mengambil keputusan. 
Macam-macam self talk 
Iswari & Hartini (2005, h. 14) mengatakan bahwa self-talk terbagi menjadi 2 macam, yaitu positive self-talk dan negative self-talk Dalam hal negatif, self-talk cenderung kepada pikiran yang bersifat pesimistis, tidak percaya diri, dan mudah menyerah yang dapat menyebabkan depresi, merasa rendah diri dan khawatir. Sedangkan self talk positif cenderung kepada pikiran optimisme, peningkatan kepercayaan diri sehingga akan meningkatkan mental. Kedua self-talk tersebut dapat dipengaruhi oleh keadaan diri seseorang dalam menyikapi sesuatu. 
Dampak self-talk
Self-talk juga bisa menentukan diri seseorang, jika pikiran seseorang berpikiran optimis maka pikiran pun menghasilkan hal-hal yang penuh positif, sebaliknya jika seseorang tersebut selalu berpikiran pesimis, maka dalam pikiran akan berisikan oleh hal-hal negatif. 
Dampak self-talk positive :
Membantu diri untuk mengambil  sisi positif dari suatu peristiwa, ketika peristiwa buruk terjadi karena kesalahanmu, melakukan positive self-talk akan membantu kamu untuk mengambil sisi positif dari peristiwa tersebut. Ke depannya, kamu bisa belajar dari kesalahan dan melakukannya dengan lebih baik, bukannya berhenti di tempat dan menyesali apa yang sudah terjadi.
Membangun kekuatan mental, dengan melakukan positive self-talk cenderung lebih kuat secara mental sehingga lebih terhindar dari kecemasan, stres, dan depresi.  Selain itu, orang dengan mental yang kuat juga akan mampu berpikir secara jernih dalam menghadapi kesulitan atau tantangan yang dialami. Hal ini membuat mereka tidak mudah terpuruk ketika mendapatkan cobaan.
Meningkatkan kualitas hidup, Membiasakan diri melakukan positive self-talk  membuat hidupmu menjadi lebih berkualitas, lantaran kamu menjadi lebih percaya diri dan menghargai dirimu. 
Dampak self talk negative :
Perfeksionis. Seseorang melakukan sesuatu dengan kesempurnaan dan hal ini biasanya sedikit memaksa. 
Pemikiran terbatas. Biasanya seseorang akan berpikiran tidak bisa melakukan sesuatu, hal itu akan ada dipikiran tersebut dan menjadikan hal tersebut benar. 
Perasaan depresi. Dengan tidak dicegah maka self-talk negatif bisa membuat seseorang merasakan depresi. 
Muncul tantangan dalam berhubungan dengan orang lain. Dengan melakukan self-talk negatif muncul lah kebiasaan yang bisa mengganggu orang lain. Misalnya menjadikan kurang percaya diri dan juga minder.
Cara melakukan Positive self-talk 
Positive self-talk bukan berarti membohongi diri, namun lebih kepada cara yang dilakukan agar seseorang terbiasa untuk melihat segala peristiwa dalam sudut pandang positif. Kebiasaan positive self-talk harus dilatih dan dilakukan secara konsisten, terlebih buat kamu yang cenderung sering negative self-talk. Untuk bisa berlatih positive self-talk, kamu harus bisa menyadari pikiran negative yang ada pada diri kamu. Kamu harus bisa konsisten dengan dirimu sendiri, untuk membangun positive self-talk dan menjauhi pemikiran negatif setiap kali pikiran-pikiran negatif itu muncul. Mulailah untuk fokus mengucapkan hal-hal posiitf dalam diri, lakukan berulang-ulang dalam hati atau dengan lantang agar menjadi kebiasaan. Sebagai contoh, jika sebelumnya kamu sering berkata, “Aku selalu gagal dan mempermalukan diri sendiri,” ketika melakukan kesalahan, ganti kalimat tersebut menjadi, “Kesalahan ini adalah bagian dari pengalamanku dan akan menjadi pelajaran yang membuatku lebih baik lagi ke depannya.” Atau jika kamu sering berpikir, “Aku belum pernah melakukan ini sebelumnya. Aku pasti akan mengecewakan semuanya,” ganti kalimat itu menjadi, “Ini adalah kesempatan yang luar biasa bagiku. Aku akan memanfaatkannya sebaik mungkin dan memberikan yang terbaik.

Ditulis oleh :Yasmin Fahrina I.A
(Mahasiswa Psikologi dan kesehatan UIN Walisongo)

REFERENCE
https://www.alodokter.com/manfaat-positive-self-talk-dan-cara-melakukannya
digilib.uinsby.ac.id
elibrary.unikom.ac.id
rdk.fidkom.uinjkt.ac.id

Comments

Artikel