About Us

Sudahkah kamu mencintai dirimu?

Latar Belakang

   Seseorang yang sehat secara mental dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, dan membangun hubungan positif dengan orang lain. Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan mood, kemampuan berpikir, dan kontrol emosional yang pada akhirnya menyebabkan perilaku buruk.

Love Yourself Indonesia (sekarang Yayasan Cintai Diri Indonesia) merupakan sebuah komunitas berbasis anak muda dengan fokus sebagai support group, layanan konseling dan edukasi mengenai kesehatan mental di Indonesia dari berbagai latar belakang. Berdiri pada tanggal 28 November 2018 di Kota Bandung, komunitas ini dibentuk untuk menjadi ruang bertumbuh Bersama dan juga sebagai sarana peningkatan kompetensi diri dan dalam rangka menyiapkan pribadi yang lebih baik di masa depan serta menjadi wadah silaturahim dari berbagai kalangan yang memiliki kegelisahan yang sama terkait kesehatan mental karena kami sadar bahwa kita tidak bisa mencintai orang lain jika kita tidak bisa cinta dengan diri sendiri. 
Tujuan kami sederhana, yaitu mengedukasi orang-orang untuk memiliki kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental. Dengan adanya pengetahuan, maka orang akan dengan mudah menyadari. Dengan timbulnya kesadaran, maka stigma negatif mengenai permasalahan psikologis dapat dikurangi.

Visi

Mewujudkan generasi muda Indonesia yang memiliki kualitas hidup dan kesehatan mental yang baik.

Misi
  • Mengadakan kegiatan-kegiatan terkait dunia komunikasi psikologi dimasyarakat
  • Mengadakan pelatihan-pelatihan sebagai sarana terapi untuk diri sendiri 
  • Menjadi jembatan bagi masyarakat yang peduli terkait kesehatan mental, penderita gangguan kesehatan mental dengan para psikolog.

Moto 

Love Yourself First Then Love Someone Else

Makna Logo Yayasan Cintai Diri Indonesia (Love Yourself Indonesia)

  • Warna merah pada logo menunjukkan energi, kekuatan, tekad yang kuat, hasrat, dan cinta. Merah adalah warna yang mempunyai unsur emosional yang kuat. Merah memiliki karakteristik penuh energi dalam melakukan hal apapun dan juga tipikal seseorang yang memiliki semangat yang tinggi.
  • Gambar hati menunjukkan spiritualitas, emosi, moral, dan pada masa lalu, juga sebagai pusat kecerdasan manusia. Simbol hati digunakan untuk mewakilkan perasaan cinta.
  • Gambar orang pada logo adalah manusia sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Intinya dengan sebutan manusia sebagai makhluk sosial ialah manusia atau setiap individu yang hidup di dunia ini tidak bisa hidup sendiri.
  • Makna pada logo dan pemilihan warna logo adalah menggambarkan proses tiap individu untuk dapat mencapai self love (mencintai diri) sesuai dengan tagline yang ada di Love Yourself Indonesia adalah ‘Bagaimana kita bisa mencintai orang lain jika kita tidak bisa mencintai diri sendiri’.

Fokus Kami

Love Yourself Indonesia berfokus untuk mengurangi stigma negatif di masyarakat mengenai kesehatan mental serta mendorong generasi muda untuk dapat mencintai dirinya dengan utuh sehingga dapat berdaya secara mandiri dan sosial. Love Yourself Indonesia memberikan fasilitas support group dan juga layanan konseling dengan harga yang terjangkau.

Program Kami

Love Yourself Indonesia meluncurkan berbagai program diskusi publik, pelatihan, kampanye, layanan konseling dan juga support group yang bertujuan untuk mengurangi stigma negative mengenai kesehatan mental. 
Program di Love Yourself Indonesia berfokus pada tiga isu utama :

  1. Support Friend : Tujuan grup ini adalah sebagai forum berbagi cerita (masalah) dan perasaan. Diharapkan forum ini akan dapat menurunkan beban dan ketegangan, sekaligus menyadarkan bahwa ada orang lain yang punya masalah serupa. Dengan berbagi perasaan ini diharapkan terbuka pula perasaan tak berdaya, rasa malu ataupun kekhawatiran memperoleh respon negatif dari orang lain. Forum yang saling menguatkan dan berbagi solusi alternatif, selain itu juga sebagai forum belajar bersosialisasi kembali. Mempelajari keahlian sosial yang baik, seperti bagaimana berkomunikasi yang asertif dan sebagainya.
  2. Konseling : Memberikan solusi bagi masyarakat menengah ke bawah atas mahalnya biaya layanan konseling ke psikolog dengan memberikan harga konseling yang terjangkau dengan para psikolog dan juga peer counselor.
  3. Psikoedukasi : Menjadi platform edukasi mengenai kesehatan mental melalui website, media sosial maupun layanan streaming.

Penghargaan 

  • 2020 : Juara 1 – Start up mental health dari Impact Tech Singapore 
  • 2020 : Penerima pendanaan dari Fund Local Canada 
  • 2021 : Juara 1 – Sociopreuneur kategori mental health dari Peace Generation Indonesia

Pencapaian

  • 2018-2021 
Love Yourself Indonesia Goes To School : Bekerjasama dengan 7 Sekolah dari tingkat Sekolah dasar hingga Sekolah Menengah Atas di seluruh Indonesia berupa Workshop, Seminar maupun Webinar. 
  • 2019-2021 
Love Yourself Indonesia Goes To Campus : Bekerjasama dengan 6 Universitas di seluruh Indonesia berupa Webinar. 
  • 2020-2021
 Community Social Responsibilty : Bekerjasama dengan 28 komunitas kesehatan mental dalam menggalang dana untuk para korban bencana dan juga bantuan untuk wargaterdampak Covid-19 melalui platform Kitabisa.com
  • 2020-2021
Love Yourself Indonesia Around The World : Bekerjasama dengan 12 Negara dalam mengadakan webinar kesehatan mental menggunakan bilingual pada hari kesehatan mental sedunia.
  • 2020
Webinar dan kerjasama : Menyelenggarakan 67 Webinar dan bekerjasama dengan 61 komunitas pada periode Januari-Desember 2020 mengenai isu kesehatan mental dan komunikasi.
  • 2021
Webinar dan kerjasama : Menyelenggarakan 112 Webinar dan bekerjasama dengan 70 komunitas pada periode Januari-Desember 2021 mengenai isu kesehatan mental dan komunikasi.
  • 2021
Layanan Konseling dengan Psikolog : Menangani 274 klien yang berasal dari member dan dari luar member Love Yourself Indonesia dengan psikolog.
  • 2021
Layanan Konseling dengan Peer Counselor : Menangani 299 klien yang berasal dari member dan dari luar member Love Yourself Indonesia dengan psikolog.

Tim Love Yourself Indonesia










Comments