Self Authenticity - Sebuah Potensi yang Bisa Kita Bangun dalam Diri Kita


Sebuah potensi pastinya ada dalam diri kita, seharusnya potensi tersebut bisa kita gali lebih dalam lagi agar lebih terasah tentunya. Sehingga bila potensi itu dikembangkan sangat bisa bermanfaat bagi kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari tentunya.

Self authenticity didefinisikan sebagai pengalaman yang benar-benar dimiliki secara personal oleh seseorang, baik itu pikiran, emosi, kebutuhan, keinginan, preferensi atau keyakinan dan merupakan proses yang dipahami untuk mengetahui “diri” seseorang (Harter, 2002). Orang bertindak secara otentik ketika mereka mengekspresikan diri dan memiliki keinginan untuk memilih. Asumsi ini hadir karena perasaan positif cenderung muncul ketika ada akses menuju sumber daya internal, seperti kemampuan untuk menyelami informasi baru dan kemampuan untuk berpikir secara kreatif. 

Self authenticity muncul ketika individu mengatur diri mereka sendiri dengan cara memenuhi kebutuhan psikologis dasar mereka, seperti berkompetensi, menentukan nasib dan keterkaitan dengan orang lain. Individu juga merasa otentik kentika mereka mampu mengekspresikan konsep diri mereka (misalnya: nilai, tujuan, atau sifat) yang sesungguhnya (Kernis & Goldman, 2006). Dalam memprediksi masa depan, individu menampilkan tujuan dan harapan diri mereka di masa yang akan datang, inilah yang menjadi dasar asumsi bahwa authenticity akan mempengaruhi prediksi masa depan seseorang menjadi lebih baik.
Berikut adalah beberapa langkah untuk menemukan self-authenticity :
a) Jangan terlalu menuruti komentar orang lain
Kamu wajib bisa menyaring dan juga memilih kritik atau saran mana yang sesuai dengan kepribadianmu serta berpengaruh baik untuk hidupmu. Kamu juga harus bisa membedakan mana yang bersifat kritik dan mana yang bersifat intimidasi.
b) Mengurangi waktu bermain media sosial
Media sosial pasti menjadi salah satu sumber yang menyebabkan sulitnya untuk mencari self-authenticity, dikarenakan kamu pasti lebih mudah terpancing untuk mengambil self-authenticity dari orang lain yang paling dirasa lebih menarik, untuk ditempelkan kembali menjadi bagian dari citra dirimu.
c) Lebih jujur terhadap perasaanmu
Kamu harus dapat jujur atas perasaanmu dan berusaha memperbaiki sisi burukmu tanpa sebuah penyangkalan. Walaupun sangat sulit, nikmatilah saja prosesnya dikarenakan dalam proses perbaikan itu, kamu akan lebih banyak memahami tentang dirimu.
d) Rutin melakukan refleksi terhadap diri sendiri
Dengan rutin kita mereflesikan dan memahami arti diri sendiri, maka kamu akan semakin gampang menemukan self-authenticity. Selain itu, kamu juga dapat inner peace yang pasti selalu mendukungkmu untuk melewati pasang surutnya kehidupan.
e) Menulis jurnal setiap hari
Menulis jurnal harian ialah bentuk menyimpan memori yang sangat bagus untuk melihat perkembangan pribadimu. Menulis jurnal juga bisa menjadi metode yang sempurna untuk menemukan self-authenticity, dikarenakan di sanalah kamu bisa menjadi paling jujur.

So, kapan lagi kamu bisa melakukan ini! Segara eksekusi dan terapkan dalam kehidupanmu sehari-hari, pasti semua ini butuh proses yang panjang dan juga capek. Dan nikmati hasilnya jika itu membuat dirimu lebih baik dan enjoy dalam menikmati hidup.


Ditulis Oleh : Mukhammad Syafi'i (Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



References 
Adhandayani, A., & Takwin, B. (2018). Pengaruh Self-Enhancement dan Authenticity terhadap Prediksi Diri Masa Depan. Jurnal Psikogenesis, 6(1), 104-117.

Comments

Artikel